Jam Lan Kalender
Kamis, 19 Juni 2014
SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN
1
SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Tren S
istem
P
endukung
K
eputusan
Kecepatan perkembangan TI seperti versi
komputer
jaringan dari software
DSS/EIS membuat pendukung keputusan terse
dia bagi manajemen tingkat
bawah, serta bagi individu nonmanajeria
l dan tim mandi
ri dari praktisi
bisnis.
Inisiatif e
-
business dan e
-
commerce yang sedang diimplementasikan oleh
banyak perusahaan juga memperluas ekspektasi serta penggunaan informasi
dan pendukung keputusan dari karyawan, manajer, pelanggan, pemasok dan
mitra bisnis lain
nya.
Pertumbuhan ekstranet dan intranet korporat, serta internet telah
mempercepat pengembangan dan penggunaan pengiriman informasi
“
kelas
eks
k
lusif
”
dan alat software pendukung keputusan oleh manajemen dari
tingkat yang lebih rendah dan oleh individu dan
tim praktisi bisnis.
Sistem Informasi Manajemen (SIM)
SIM menyediakan berbagai produk informasi bagi manajer. Ada 4 alternatif
pelaporan utama yang disediakan oleh
sistem
ini:
1.
Laporan Terjadwal secara periodi
k
(periodic schedule reports)
Bentuk tradision
al penyediaan informasi bagi manajer dengan
menggunakan format yang telah ditentukan dan menyediakan informa
si
secara rutin kepada manajer.
Contohnya, laporan analisis penjualan harian dan mingguan dan laporan
keuangan bulanan.
2.
Laporan pengecualian (except
ion reports)
Dalam beberapa kasus, laporan dibuat jika hanya terjadi kondisi
pengecualian. Dalam kasus lainnya, laporan dibuat secara periodi
k
namun
hanya berisi informasi mengenai kondisi pengecualian tersebut.
Contoh
nya, manajer kredit dapat diberi lapo
ran yang hanya berisi informasi
mengenai pelanggan
yang melewati batas kreditnya.
3.
Laporan permintaan dan Tanggapan (demand reports and responses)
Informasi tersedia kapan pun manajer menginginkannya.
Contoh
nya, browser web dan bahasa permintaan DBMS serta
report
generator
memungkinkan manajer ditempat kerja
komputer
untuk
memperoleh tanggapan langsung atau menemukan dan mendapatkan
laporan tertentu sebagai hasil dari permintaan informasi yang mereka
butuhkan.
4.
Pelaporan
dorong (push reporting)
Informasi did
orong ke manajer di
network office
. Jadi, banyak perusahaan
sedang menggunakan software webcasting untuk menyiarkan laporan
secara selektif dan informasi lainnya ke
network c
omputer
m
ilik para
manajer atau pakar melalui intranet perusahaan.
Pemrosesan Ana
litis Online (online analytical processing
–
OLAP)
Industri SI telah merespons permintaan manajer bisnis dan analis akan SI
yang dapat menyediakan jawaban yang cepat atas berbagai permintaan bisnis
dengan pengembangan seperti database analitis, data mart,
data
warehouse,
teknik
data
mining
, dan struktur database multidimensi dan dengan server
2
khusus serta produk software berbasis web yang mendukung pemrosesan
analitis online.
Pemrosesan analitis online memungkinkan manajer dan analis untuk secara
interakti
f menguji dan memanipulasi sejumlah besar data yang terinci dan
terkonsolidasi dari banyak perspektif.
Pemrosesan analitis online melibatkan beberapa operasional analitis dasar,
yaitu:
Konsolidasi.
Konsolidasi melibatkan pengumpulan data
. Hal ini melibatk
an pengumpulan
sederhana atau pengelompokan yang rumit dengan melibatkan data yang
saling berhubungan.
Misalnya, data kantor penjualan
dapat dikumpulkan ke
wilayah, dan wilayah ke regional.
Penggalian.
OLAP dapat bergerak ke arah kebalikan dan secara otoma
tis menampilkan
rincian data yang telah terkonsolidas
i
kan. Hal ini disebut penggalian.
Misalnya, penjual
a
n menurut produk individual atau staf penjualan yang
menghasilkan total penjualan
regional dapat dengan mudah di
akses.
Pengirisan dan Pemotongan.
Pengi
risan dan pemotongan merujuk pada kemampuan untuk melihat
database dari berbagai sudut pandang. Pengirisan dan pemotongan sering
dilakukan sejalan dengan sumbu waktu untuk menganalisis tr
e
n dan
menemukan pola berbasis waktu pada data.
Penggunaan SPK
Pengg
unaan SPK melibatkan proses pemodelan analitis yang interaktif.
Misalnya, penggunaan paket software DSS untuk pendukung keputusan dapat
menghasilkan berbagai tampilan sebagai respon terhadap
alternatif
perubahan
jika
-
maka yang dimasukkan oleh manajer.
Akt
ivitas dan contoh jenis utama pemodelan analitis
, yaitu:
1.
Jenis
Pemodelan Analisis jika
-
maka
Aktivitas
: Mengamati bagaimana perubahan terhadap variabe
l
tertentu
mempengaruhi variabel lainnya
Contohnya, Bagaimana jika kita memotong biaya iklan sebesar 10%?
Apa
yang akan terjadi pada penjualan?
2.
Jenis pemodelan
A
nalisis
Sensitivitas
Aktivitas
: Mengamati ba
gaimana perubahan yang berulang
-
ulang pada
satu variab
el
mempengaruhi
variabel
lainnya.
Contohnya, Mari kita potong biaya iklan sebanyak $100 secara berulan
g
-
ulang, agar kita dapat melihat hubungannya dengan penjualan.
3.
Jenis pemodelan Analisis pencarian sasaran
Aktivitas
: Membuat perubahan yang berulang
-
ulang terhadap
variabel
tertentu hingga
variabel
yang dipilih mencapai nilai sasarannya.
Contohnya, Mari k
ita naikkan iklan hingga penjualan mencapai $1 juta.
4.
Jenis pemodelan analisis optimisasi
Aktivitas
: Menemukan nilai optimum untuk
variabel
tertentu, yang
diberikan pembatas tertentu.
3
Contohnya, Berapa jumlah biaya iklan yang terbaik, jika kita melihat
ang
garan dan pilihan media kita?
Enterprise Portal Dan SPK
Portal informasi perusahaan (enterprise information portal
–
EIS
) adalah
interface berbasis web dan perpaduan SIM, DSS, EIS dan tek
n
ologi lainnya
yang memberikan semua pemakai intranet dan pemakai ek
stranet tertentu
untuk mengakses berbagai layanan dan aplikasi bisnis internal dan ekstranet.
Misalnya, aplikasi internal dapat mencakup akses ke e
-
mail, situs web proyek,
dan kelompok diskusi; layanan mandiri web sumber daya manusia; database
pelanggan; p
ersedia
a
n dan database korporat lainnya;
sistem
pengambilan
keputusan;
sistem
manajemen pengetahuan.
Manfaat bisnis dari portal informasi perusahaan mencakup penyediaan
informasi yang lebih selektif dan spesifik bagi pemakai bisnis, penyediaan
akses yang
mudah ke sumber daya situs web intranet perusahaan, penyediaan
berita bisnis dan
industri, dan penyediaan akses
yang lebih baik ke data
perusahaan untuk pelanggan, pemasok, atau mitra bisnis lainnya.
Portal informasi perusahaan juga dapat membantu menghin
dari peselancaran
yang berlebihan oleh karyawan di perusahaan dan situs web internet dengan
membuat karyawan lebih mudah menerima atau mendapatka
n informasi dan
layanan yang di
butuhkan, sehingga memperbaiki produktivitas tenaga kerja
perusahaan.
Sistem Ma
najemen Pengetahuan (knowledge management systems
)
Sistem ini
diperkenalkan sebagai penggunaan TI untuk membantu
mengumpulkan, mengatur dan saling berbagi pengetahuan bisnis di
dalam
organisasi.
Bagi banyak perusahaan, portal informasi perusahaan adalah ja
lan masuk ke
intranet korporat yang bertindak sebagai
sistem
manajemen pengetahuan.
Oleh sebab itu, portal seperti ini disebut portal pengetahuan perusahaan ol
e
h
pemasoknya. Jadi, portal pengetahuan perusahaan memainkan peran yang
penting dalam membantu pe
rusahaan menggunakan intranet mereka sebagai
sistem
manajemen pengetahuan untuk berbagi dan menyebarkan
pengetahuan yang mendukung pengambilan keputusan b
isnis oleh manajer
dan praktisi
bisnis.
Bisnis dan Artificial Intelligent (AI)
AI di
gunakan dalam ber
bagai cara untuk memperbaiki pendukung keputusan
yang disediakan oleh manajer dan para praktisi bisnis di banyak perusahaan.
AI adalah bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang didasari oleh ilmu
-
ilmu
seperti ilmu
komputer
, biologi, psikologi, linguisti
k
, matematika, dan teknik.
Tujuan AI adalah mengembangkan
komputer
yang dapat berpikir, serta
mendengar, melihat, berjalan, berbicara dan merasakan sesuatu. Pendorong
utama dari AI adalah perkembangan fungsi
komputer
yang umumnya
diasosiasikan dengan kecerd
asan manusia, seperti penalaran, pembelajaran,
dan penyelesaian
masalah.
4
Beberapa atribut perilaku cerdas. AI berusaha meniru kemampuan ini dalam
sistem
berbasis
komputer
.
Berpikir dan bernalar
Menggunakan penalaran untuk menyelesaikan masalah
Belajar da
n paham dari pengalaman
Memperoleh dan menerapkan pengetahuan
Menampilkan kreativitas dan imajinasi
Mengatasi situa
si yang rumit dan membingungkan
Menanggapi situasi baru dengan cepat dan dengan berhasil
Mengenali elemen
-
elemen yang penting dal
am suatu sit
uasi
Mengatasi informasi yang ambigu (bermakna ganda), tidak lengkap dan
salah.
Contoh
-
contoh beberapa aplikasi komersial terbaru dari AI
Pendukung keputusan
Lingkungan kerja yang cerdas yang akan membantu menangkap
alas
an dan
apa yang termasuk dalam ranc
angan teknis dan pengambilan keputusan.
Sistem interface
k
omputer
-
manusia (human computer interface
-
HCI) yang
cerdas yang dapat memahami bahasa lisan dan bahasa tubuh, serta
membantu penyelesaian masalah dengan cara mendukung kerja sama
dalam organisasi gu
na menyelesaikan masalah tertentu.
Software penilaian situasi dan alokasi sumber daya untuk penggunaan
mulai dari pesawat dan Bandara hingga pusat logisti
k
.
Penelusuran Informasi
Sistem Internet dan intranet berbasis AI yang menyaring gelombang
pasang dari
informasi menjadi presentasi yang sederhana.
Teknologi bahasa alami untuk menelusuri semua jenis informasi online, dari
teks hingga gambar, video, peta, dan klip audio, sebagai tanggapan
terhadap pertanyaan dalam bahasa inggris.
Penambangan data untuk ana
lisis tren pemasaran, peramalan keuangan,
pengurangan biaya perawatan, dan lain
-
lain.
Realitas virtual
Versi seperti sinar
-
X yang dilengkapi dengan visualisasi realitas yang
memungkinkan dokter bedah otak untuk “melihat ke dalam” jaringan untuk
mengoperasi
kan, mengawasi, dan mengevaluasi keadaan penyakit.
Animasi otomatis dan interface peraba yang memungkinkan pemakai untuk
berinteraksi dengan
objek virtual melalui sentuhan (misalnya, mahasiswa
kedokteran dapat “merasakan” cara menjahit pembuluh nadi yang r
usak).
Robotik
Sistem inspeksi visi mesin untuk mengukur, membimbing, mengidentifikasi
dan memeriksa produk dan menyediakan keunggulan kompetitif dalam
proses manufaktur.
Sistem
robotik
singkat dari robot mikro dengan tangan dan kaki hingga
robot kognitif
dan
sistem
visi modular yang dapat dilatih.
Jaringan Syaraf (neural network)
Adalah
sistem
komputasi yang dibuat mirip dengan jaringan otak dari elemen
pemrosesan yang saling berhubungan. Jaringan belajar mengenali pola dan
hubungan dalam data yang dipros
esnya. Semakin banyak contoh data yang
5
diterimanya sebagai input, semakin baik jaringan tersebut
belajar untuk
menduplikasi hasil
-
hasil dari contoh yang di
prosesnya. Jadi, jaringan syaraf
akan mengubah kekuatan interaksi antar
elemen pemrosesan dalam
menan
ggapi pola yang berubah
-
ubah pada data dan hasilnya.
Sistem Logika yang Kabur (Fuzzy Logic)
Adalah metode
penalaran yang mirip dengan penalaran manusia karena
memungkinkan perkiraan nilai dan interfensi (fuzzy logic) dan data yang tidak
lengkap atau berma
kna ganda (fuzzy data), tidak mengandalkan pada data
yang jelas (crisp data), seperti pilihan binary (ya/tidak).
Algoritma Genetis
Penggunaan algoritma geneti
s
merupakan aplikasi yang berkembang dari AI.
Software algoritma geneti
s
menggunakan
teori Darw
in (yang kuatlah yang bisa
bertahan hidup), pengacakan, dan fungsi matematika lainnya untuk
mensimulasi proses evolusi yang dapat menghasilkan solusi yang lebih baik
terhadap masalah. Algoritma geneti
s
pertama kali digunakan untuk
mensimulasi jutaan tahun
evolusi biologi, geologi, dan ekosistem dalam hanya
beberapa menit di
k
omputer. Sekarang software algoritma
genetis
digunakan
untuk memodelkan berbagai proses ilmiah
, teknis, dan bisnis.
Realitas Virtual
Adalah realitas yang disimulasikan oleh
komputer
. R
ealitas virtual adalah
bidang AI yang berkembang pesat yang berasal dari usaha untuk membangun
interface
komputer
-
manusia multisensor yang lebih alam dan realistis. Jadi,
realitas virtual mengandalkan alat input/output multisensor seperti headset
pelacakan
dengan kaca mata video dan alat pendengar stereo, sarung tangan
data (data glove) atau pakaian terjun
payung
dengan sensor serat
optik
yang
melacak gerakan tubuh dan walker yang mengawasi gerakan kaki.
Agen Cerdas (Intelligent Agents)
Intelligent Agents
semakin popular sebagai cara penggunaan rutinitas
kecerdasan artif
i
sial dalam software untuk m
e
mbantu pemakai menyelesaikan
berbagai tugas e
-
business dan e
-
commerce.
Intelligent Agents
adalah wakil
software (software surrogate) bagi pemakai akhir atau pros
es yang memenuhi
suatu kebutuhan atau aktivitas.
Intelligent Agents
menggunakan basis
pengetahuan yang dibangun dan dipelajari mengenai seseorang atau proses
untuk membuat keputusan dan menyel
e
saikan tugas
-
tugas sesuai dengan
keinginan pemakainya. Jadi, in
telligent Agents adalah
sistem
informasi
berbasis pengetahuan untuk tujuan khusus yang menyelesaikan tugas
-
tugas
khusus untuk pemakai.
Jenis
-
jenis agen yang cerdas
Agen interface pemakai
Tutor Interface. Mengamati operasional
komputer
pemakai, mengoreksi
kesalahan pemakai, dan menyediakan petunjuk dan nasihat mengenai
penggunaaan software secara efisien.
Agen Presentasi. Menunjukkan informasi dalam berbagai bentuk pelaporan
dan presentasi yang disukai oleh pemakai.
6
Agen Navigasi Jaringan. Menemukan jalur
informasi dan menyediakan cara
untuk melihat informasi sesuai keinginan pemakai.
Agen
Permainan
-
Peran (Role
-
Playing Agents). Memainkan permainan jika
-
maka (what
-
if) dan peran lainnya untuk membantu pemakai memahami
informasi dan membuat keputusan yang lebi
h baik.
Agen Manajemen Informasi
Agen Pencari. Membantu pemakai untuk menemukan file dan database,
mencari informasi yang diinginkan, dan menyarankan serta menemukan
jenis
-
jenis baru dari produk, media, dan sumber daya informasi.
Pialang (Broker) Informasi
. Menyediakan layanan komersial untuk
mengembangkan dan menemukan sumber daya yang sesuai dengan
kebutuhan pribadi atau bisnis dari seorang pemakai.
Saringan Informasi. Menerima, menemukan, menyaring, membuang,
menyimpan, melanjut
kan dan memberitahukan ke
pemaka
i akhir mengenai
pro
duk yang di
terima atau yang di
inginkan, termasuk e
-
mail, voice mail,
dan semua media informasi lainnya.
Sistem Pakar (expert system)
Kategori aplikasi s
i
stem pakar
:
Manajemen keputusan
merupakan
sistem
yang harus menilai situasi
atau
mempertimbangkan alternati
f
dan membuat rekomendasi berdasarkan
k
riteria yang di
sediakan selama proses penemuan seperti analisis
portofolio
pinjaman
,
evaluasi
kinerja karyawan
,
tanggungan
asuransi
,
peramalan
demografi
.
Diagnostik/pemecahan masalah
me
rupakan
sistem
yang menyimpulkan
penyebab utama dari sejarah
dan gejala yang dilaporkan
seperti
pencocokan
peralatan
,
operasional bantuan
(help desk)
,
pengoreksian
software
,
diagnosis
medis
.
Desain/konfigurasi
merupakan si
stem yang membantu mengkonfigurasi
komponen peralata
n, berdasarkan batasan yang ada seperti instalasi
pilihan
komputer
,
studi
kemampuan manufaktur
,
jaringan
komunikasi
,
rencana
perakitan optimum
.
Seleksi/klasifikasi
merupakan
sistem
yang membantu pemakai memilih
produk atau proses, biasany
a dari berbagai jenis
alternatif seperti seleksi
materi
,
identifikasi
rekening yang menunggak
,
klasifikasi
informasi
,
identifikasi
sesuatu y
ang di
curigai
.
Pengawasan/pengendalian proses
merupakan
sistem
yang mengawasi dan
me
ngendaikan prosedur atau proses
seperti pengendalian
mesin (termasuk
robotik
)
,
pengendalian
persediaan
,
pengawasan
produksi
,
pengujian
kimia
.
Mengembangkan Expert system
Cara termudah untuk mengembangkan e
xpert
system adalah dengan
menggunakan kulit luar
sistem
pakar (expert system shel
l) sebagai alat
pengembangan. Kulit luar
sistem
pakar adalah paket software yang terdiri atas
sistem
pakar tanpa intinya, yaitu basis pengetahuannya. Jadi hanya kulit luar
(shell) software (mesin inferensi dan program interface) dengan inferensi
umum dan k
emampuan interface pemakai. Alat pengembangan lainnya
ditambahkan untuk membuat kulit luar tersebut menjadi alat pengembangan
sistem
pakar yang berdaya tinggi.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar